19 May, 2010

Cake kukus putih telor




Memanfaatkan "panen" putih telor, Cake kukus lapis ini aku buat untuk adikku, yang berulang tahun dan kebetulan malam itu ketempatan doa rosario di rumahnya. Aku buatkan 2 resep cake kukus putih telor ini di loyang berukuran 40X40cm. Waahh jadinya banyak bener..

Resepnya sendiri aku intip di Om Google dari blognya Mbak Ria http://icip2didapur.blogspot.com dengan sedikit aku modifikasi.. permisi ya Mbak Ria..minta ijin niy..

Resep Cake Putih Telor

Bahan :
400 cc putih telor
175 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
200 gr margarin cair (renny : 100 gr butter, 100 gr margarin)
175 gr terigu protein sedang
25 gr maizena
1 sdm pandan pasta (renny : pasta coklat toffieco)

Cara Membuatnya :
- Panaskan oven dan siapkan loyang diameter 22cm, alasi kertas roti dan olesi dgn margarine.
- Campur dan ayak terigu, maizena, sisihkan.
- Kocok putih telor & emulsifier sampai mengembang, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga berjejak.
- Masukkan terigu, aduk rata.
- Tambahkan margarine cair, aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 3 bagian.
- 2 bagian tambahkan pasta coklat, aduk rata lalu tuang adonan ke dalam loyang.
- Panggang hingga matang (renny : dikukus 1 bagian adonan coklat, 15 menit kemudian lakukan test tusuk, masukkan adonan putih, begitu seterusnya hingga 3 lapis).

Selamat mencoba ...

4 comments:

Jessica said...

Mbak Renny, copas resep lagi ya.... lagi banyak putih telur di rumah nih, mau buat kue... makasih ^^

Franciska Renny said...

Silahkan Jess..boleh kok di copy paste..
Ini bukan resep pribadi..aku juga lihat resep ini dari blognya Mbak Ria icip2 di dapur.

Memang kalau kebanyakan putih telor kadang bingung juga. Udah ditumis, digoreng sama daun bawang & cabe, gak abis2..salah satunya, buah cake kukus ini aja...
Selamat mencoba ya..semoga berhasil...

ayu trista suci sulana said...

mbak, untuk membuat lapisnya, misal saya hanya membuat 2 lapis, 1 bagian saya kukus dl 15menit baru ditimpa adonan sisanya?
kalau di-oven apakah caranya sama mbak? teskturnya enakan mana oven dan kukus?

KyuBee's note said...

Maaf, untuk membuat cake ini yang benar dengan metode dikukus atau dioven?
Karena judul dan di komennya metode kukus, tapi di instruksi dipanggang.. Terimakasiih